Minggu, 20 November 2011

Tugas-6

PSPB (Pertanyaannya Sedikit, Penjawabannya Berliku) !

  1. Jelaskan tentang definisi Software Komputer !
  2. Klasifikasikan dan jelaskan secara singkat namun jelas tentang Software Komputer yang disertai Nama Ekstensi Filenya ! Oleh karena itu agar tak bingun 7 keliling, segera Cari Panduan Gratis di Internet, LKS, Buku Komputer dan Sumber Lainnya yang penting halal tentang : Klasifikasi Software, Namanya, Fungsinya dan Nama Ekstensi Filenya. Misalnya Ms Word, maka Nama Kalsifikasinya sebagai Software Aplikasi, Nama Softwarenya "Microsoft Office Word", Fungsinya untuk membuat dokumen berbasis huruf-huruf/kata-kata. Setelah mengetik Dokumen di Ms Word, lalu menyimpannya (Save As) di Drive Yang Aman yakni minimal D: , dengan File Name : PSPB History 1 dan, maka Hasil Simpanan tersebut bilamana akan dibuka kembali di Windows Explorer akan muncul tanda PSPB History.doc. Berarti Ekstensi Filenya ".doc". Oleh sebab itu, agar menjadi jawaban yang mudah dipahami dan diterapkan, maka susunlah menjadi jawaban yang sistematis dengan Tata Urutan sebagai berikut : NomorNama Software
  3. Jelaskan definisi Ekstensi File ?
  4. Ekstensi File (File Extension) merupakan istilah berbasis Bahasa Inggris. Bilamana di-Indonesiakan , maka istilah yang lebih mudah dimengerti oleh Si User Komputer adalah ...... ?
  5. Sebutkan dan jelaskan manfaat mengidentifikasi (mengenali) Ekstensi File (Extension File) !
  6. Jelaskan apa yang terjadi kepada Si User Komputer, bilamana tidak ada Ekstensi Filenya !?
  7. Jelaskan apa yang terjadi bilamana Si User Komputer tidak mampu mengidentifikasi Ekstensi File dari Dokumen yang telah dibuatnya !?
  8. Sebutkan dan jelaskan hikmah apa yang Anda peroleh setelah mengerjakan Tugas tersebut di atas ! 
Source   :   Klik dinnak le! 

Inilah hasil jelajah saya!
  

1.      1. Definisi Software Komputer

Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintahSoftware atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free ( Freeware, free software, shareware, adware) . Normal 0 false false false EN-US X-NONE TH MicrosoftInternetExplorer4
2.    2. a. Sistem Operasi (Operating System)

Sistem Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan. Adapun fungsi utama sistem operasi adalah :

* Menyimpan program dan aksesnya
* Membagi tugas di dalam CPU
* Mengalokasikan tugas-tugas penting
* Merekam sumber-sumber data
* Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data
* Memeriksa kesalahan sistem
* Multitugas pada OS/2
, Windows ‘95, Windows ‘98, Windows NT”, /2000/XP
* Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID

Contoh Sistem Operasi, misalnya : Disk operating System (DOS), Microsoft Windows, Linux, dan Unix.

b. Program Aplikasi (Aplication Programs)

Program Aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya program pengolah kata -MS. Word (doc)- , mengelola lembar kerja-MS. Excel (xls)-, program presentasi -MS. Power Point (ppt), pemutar musik -winamp (mp3, wav, mpg), dan lain-lain.

c. Bahasa Pemrograman (Programming Language)

Perangkat lunak bahasa yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer.

3.      3. Ada 3 level bahasa pemrograman, yaitu :
* Bahasa tingkat rendah (low level language)

Bahasa ini disebut juga bahasa mesin (assembler), dimana pengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1.

* Bahasa tingkat tinggi (high level language)

Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah dipelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa Inggris. Contohnya : BASIC, COBOL, PASCAL, FORTRAN.

* Bahasa generasi keempat (4 GL)

Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) merupakan bahasa yang berorientasi pada objek yang disebut Object Oriented Programming (OOP). Contoh software ini adalah : Visual Basic, Delphi, Visual C++

d. Program Bantu (Utility)

Perangkat Lunak merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain.

Contoh software ini diantaranya :

* Norton Utility
* Winzip
* Norton Ghost
* Antivirus

3. Ekstensi file adalah penanda jenis dari suatu file

4. Penanda File Biasaya terdiri dari 3 huruf, meski juga terdapat ekstensi yang hanya terdiri dari 2 ataupun 4 huruf.

5. Ekstensi file berfungsi untuk mengetahui atau membedakan jenis file.

6. Maka widows akan susah untuk mengidentifikasi dan tidak bisa dibuka.

7. Maka akan bingung ketika akan membukanya, sesuai dengan software apakah filenya tersebut.

8. KIta bisa mengidentifikasi file kita dengan adanya ekstensi file sehingga mudah untuk di buka dan susah untuk virus memasuki komputer kita.

4.    3. Ekstensi dari sebuah file adalah karakter yang terletak setelah titik terakhir dalam sebuah nama file. Fungsi dari ekstensi adalah mempermudah pengenalan jenis file sehingga sistem operasi dapat menentukan program apa yang bisa menjalankan file tersebut. sebagai contoh, file dengan ekstensi .avi akan bisa dijalankan sebagai video resolusi tinggi sedangkan file dengan ekstensi .txt hanyalah sebuah file berisi teks yang bisa dibuka dengan editor.

5.    4. Lebih mengenal dengan istilah format file. Missalnya file musik banyak dikenal memiliki format mp3.


6.    5. Guna mengetahui Ekstensi File ialah agar kita dapat mengetahui file tersebut dapat dibuka dengan program / software apa. Dan dapat mempermudah kita untuk mengelompokkan file-file tersebut.

7.    6. File tersebut dinyatakan rusak. Karena tanpa ekstensi, computer tidak akan bisa menentukan file itu harus dibuka dengan program apa. Namun beda halnya jika ekstensinya dihidden padacontrol panel.  File itu masih bisa dijalankan, karena ekstensinya hanya tidak ditampilkan, bukan tidak ada.

8.    7. User akan kesulitan dalam membuka file tersebut menggunakan program / software yang terbaik. Dan bisa terjadi kesalahpahaman terutama jika nama filenya sama namun berbeda ekstensinya.

 8. Hikmah dari tugas ini adalah kita bisa mengenal lebih dalam tentang software komputer, ektensi file sampai lika likunya, dan lain lain. Trimakasih!
Source   :   Klik disini mas kalau mau!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar